Tuesday, July 3, 2018

Mengetahui Kayu Suren

Kayu suren atau yang mempunyai nama ilmiah Toona Sureni, adalah satu diantara type kayu yang cukup disenangi oleh orang-orang. Type kayu itu banyak digunakan untuk beragam keperluan manusia. Umpamanya saja untuk bikin mebel, pintu, daun jendela, atau untuk keperluan lain yang memakai bahan baku kayu.

Hal semacam ini lantaran type kayu suren dinilai cukup mempunyai kwalitas yang baik serta tak gampang alami pembusukan atau dikonsumsi rayap. Orang-orang juga cukup banyak yang menanam kayu suren itu lantaran mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Pohon kayu suren sendiri, dikelompokkan sebagai pohon yang memiliki ukuran tengah sampai besar. Hal semacam ini lantaran pohon itu dapat meraih ketinggian 40 sampai 60 mtr.. Di mana dengan ketinggian itu, sisi yang bebas cabang dapat meraih 25 mtr.. Hingga ada cukup banyak sisi dari pohon itu yang dapat digunakan untuk beragam olahan.

Pohon itu dapat meraih diameter seputar 1 mtr., bahkan juga lebih. Karena, di lokasi yang jauh dari pemukiman seperti di pegunungan, dapat didapati pohon suren yang mempunyai diameter sampai 3 mtr.. Pohon suren mempunyai banir sampai ketinggian 2 mtr..

Ciri-ciri kayu suren itu di bagian batangnya bakal terlihat pecah dan seolah tumpang tindih. Warnah kulit pohon suren sendiri coklat keputihan, pusat sampai kelabu-abuan dan menyebabkan aroma khas ketika ditebang atau dipotong. Kayu suren mempunyai bobot yang enteng hingga pas apabila dipakai sebagai bahan pembuat bangunan tempat tinggal.


Faedah Kayu Suren 

Dibanding dengan sebagian type pohon lain, pohon suren mempunyai sebagian keunggulan yg tidak ada pada type yang lain. Di antara sebagian keunggulan itu diantaranya yaitu bahwa daun kayu suren itu, tak dapat dipakai sebagai makanan ternak. Hingga manusia akan tidak memotong daun pohon suren, lantaran dapat bikin ternak yang mengonsumsi daun itu jadi mabuk.

Dengan tak dipangkasnya daun suren, jadi perkembangan pohon itu jadi prima. Di segi lain, dengan ciri-ciri pohon yang dapat tumbuh dalam ukuran besar serta cukup tinggi, dapat digunakan sebagai media pemecah angin. Hingga bakal bikin lingkungan di seputar pohon itu aman dari masalah angin yang cukup kencang.

Tersebut kenapa, tanaman itu banyak ditanam di perkebunan atau tepi jalan. Diluar itu, akar serta kulit kayu suren dapat digunakan sebagai obat diare. Buah dan kulit kayu suren, dapat di proses jadi minyak atsiri.

Bahkan juga berdasarkan riset di laboratorium, suren juga memiliki kandungan bahan surenon, sureniin dan surenolakton. Zat itu berguna untuk menghalangi perkembangan lava serangga uji ulat sutera. Bahan itu berguna juga untuk menampik serangga termasuk juga salah satunya yaitu pengusir nyamuk yang cukup ampuh.

No comments:

Post a Comment