Sunday, July 1, 2018

Perkuat Tanaman dengan Pupuk Kalsium

Menanam musim hujan adalah suatu tantangan untuk bara petani cabai, tomat serta horti lain. Cuaca yang condong basah kerapkali menyebabkan serangan penyakit dengan cara massive. Oleh karenanya janganlah lupa menguatkan tanaman, dengan pupuk kalsium satu diantaranya.

Pada musim yang basah itu, tanaman lebih rawan diserang beragam penyakit, terlebih karena jamur. Tidak sedikit yang pada akhirnya petani cabai atau tomat yang gigit jari lantaran tidak berhasil panen.

Perihal ini pula yang mengakibatkan harga jadi naik, serta cuma petani yang dapat menjaga tanaman-lah yang memperoleh keuntungan dari kondisi itu.


Bagaimana caranya kerja pupuk kalsium? 


Kalsium (Calcium = Ca), adalah unsur dari gologan 2A dalam system periodik yaitu logam alkali (basa) tanah. Digolongkan unsur makro sekunder, kalsium mempunyai faedah, peran atau manfaat yang sangatlah vital dalam siklus fisiologis tanaman yaitu sebagai penyusun dinding sel tanaman, pengatur sintesis protein (gula), merangsang titik tumbuh pucuk baru daun serta akar, dan menghalangi penuaan sel.

Tanaman yang kekurangan unsur kalsium bakal sangatlah rawan terinfeksi jamur serta bakteri patogen. Hal semacam ini karena sebab mobilitas gula dalam tanaman bertambah waktu ketersediaan kalsium dalam tanaman menyusut.

Oleh karenanya, untuk menguatkan tanaman, terapkan pupuk kalsium supaya daun tanaman tak gampang diinfeksi oleh jamur atau bakteri.

Dengan terdapatnya unsur kalsium pada tanaman inilah jadi kemampuan serta kesibukan yang dikerjakan oleh patogen yang tadi jadi terhalang. Hingga daun lebih kuat serta tak gampang terkena penyakit disebabkan jamur seperti busuk daun, busuk buah (antraknosa), dan sebagainya.

Terkecuali untuk menguatkan keadaan tanaman, nyatanya aplikasi pupuk kalsium yang cukup, juga berimbas pada kwalitas buah yang dihasilkan waktu panen. Unsur kalsium yang bertindak mengatur sistem sintesis protein serta menghalangi penuaan sel mengakibatkan buah hasil panen mempunyai daya taruh yang lebih lama (dampak dinding sel yang lebih tidak tipis).


Tanda-tanda kekurangan kalsium 


Bagaimanakah tanda-tanda tanaman yang alami defisiensi kalsium? Tanaman yang alami kekurangan kalsium ciri-cirinya yaitu : bunga gampang rontok, buah gampang pecah-pecah, buah alami blossom rot (busuk ujung buah), buah alami internal rot (busuk coklat pada daging buah), serta daya taruh buah yang kurang baik.


Aplikasi pupuk kalsium 


Pupuk kalsium tinggi dipasaran sangat banyak type serta merk dagangnya. Biasanya pupuk kalsium tinggi dikemas sebagai pupuk daun, lantaran lebih efisien bila diterapkan sebagai pupuk daun (foliar fertilizer), aplikasinya sudah pasti disemprot (spray) serta memakai dosis saran.

Sebagian merk pupuk kalsium tinggi yang umumnya dipakai oleh petani sayur diantaranya : CANITA (Calcium Nitrate) serta Calcium Super (55% CaO) Cap Tawon, CANTIK (Calcium Ammonium Nitrate 12% CaO), Meroke CALNIT (Calcium Nitrate 26% CaO), YARA Liva CALCINIT (19% CaO), CNG CALCINIT Pak Tani (26, 5% CaO), dan sebagainya.


Kapan mulai aplikasinya? 


Aplikasi pupuk kalsium sebaiknya dikerjakan sesudah 1 minggu hari sesudah tanam sampai hingga saat panen, baik ini pada tanaman sayuran, pangan ataupun buah-buahan.


Jalinan kalsium dengan unsur lain 


Tingginya kandungan kalsium dapat kurangi kehadiran unsur lain seperti kalium (potassium), boron, zinc serta magnesium. Jadi umumnya pupuk kalsium juga gak baik. Dampaknya dapat dipandang dari penampakan daunnya lebih gelap, juga pembungaannya jadi terhalang.

Pupuk kalsium terkecuali bertindak untuk fisiologis tanaman juga bertindak dalam menetralisir reaksi asam tanah. Aplikasi pupuk kalsium pada pH rendah bisa tingkatkan nilai pH tanah (jadi netral) hingga disenangi tanaman untuk tumbuh dengan baik.

Sebagian patogen tular tanah seperti Fusarium serta Ralstonia (pemicu penyakit layu) diketemukan jumlahnya sangatlah banyak pada tanah yang nilai pH rendah atau reaksi tanah asam.

Tersebut penjelasan singkat perihal faedah, peran serta manfaat vital kalsium dalam melindungi ketahanan tanaman pada serangan patogen, yang bertambah intensitas serangannya pada musim hujan yang lembab serta basah itu.

Jadi janganlah lupa serta hingga telat untuk perkuat tanaman anda dengan aplikasi pupuk kalsium. Mudah-mudahan berguna!

No comments:

Post a Comment